Skripsi dan Teori Akuntansi, Manajemen Keuangan

Google

Thursday, February 28, 2008

Tipe pasar modal

Jogiyanto (2000 : 15-16) membagi pasar modal menjadi empat jenis tipe pasar :
a. Pasar Primer ( primary market )
Pasar primer (perdana) adalah tempat penjualan atau penawaran saham baru dari perusahaan yang menerbitkan saham (emiten) kepada investor sebelum saham tersebut diperdagangkan di pasar sekunder. Pasar primer merupakan pasar modal yang memperdagangkan saham-saham yang dijual untuk pertama kalinya sebelum saham dicatatkan di bursa.
b. Pasar sekunder (secondary market)
Pasar sekunder adalah temapt perdagangan surat berharga yang sudah beredar. Pasar ini merupakam pasar dimana saham dan sekuritas lainnya diperjual belikan secara luas, setelah melalui penjualan atau penawaran di pasar perdana. Pasar sekunder dibedakan menjadi stock exchange market (pasar bursa saham atau bursa efek) dan over the counter (OTC) market. Sekuritas dari perusahaan kecil umumnya diperdagangkan di OTC market, sedangkan sekuritas untuk perusahaan yang besar di stock exchange.
c. Pasar ketiga (third market)
Pasar ketiga adalah tempat perdagangan saham atau sekuritas lainnya diluar bursa OTC market. Pasar ini merupakan pasar perdagangan surat berharga yang dijalankan oleh broker yang mempertemukan pembeli dan penjual pada saat pasar kedua tutup.
d. Pasar keempat (fourth market)
Pasar keempat merupakan bentuk perdagangan efek antar investor tanpa melalui perantara peadagng efek (broker) atau pasar modal yang dilakukan diantara institusi berkapasitas besar untuk menghindari komisi untuk broker.
Bentuk transaksi dalam perdagangan semacam ini biasanya dilakukan dalam jumlah besar.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home


 
AddMe - Search Engine Optimization